BAGAIMANA CARA MENGAJUKAN GUGATAN CERAI SERTA DOKUMEN YANG PERLU DISIAPAKAN

Pengacara, Advokat, Kantor Hukum, Konsultan Hukum, Kantor Pengacara Semarang

BAGAIMANA CARA MENGAJUKAN GUGATAN CERAI SERTA DOKUMEN YANG PERLU DISIAPAKAN

November 26, 2019 Artikel 0

Advokat/Pengacara Perceraian Jawa Tengah – Perkawinan ialah ikatan lahir bathin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa ( Pasal 1 UU No.1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan).  Pada kenyataanya dalam berumahtangga seringkali berakhir dengan perceraian yang disebabkan banyak faktor antara lain masalah ekonomi, hadirnya orang ketiga, ketidakcocokan dengan pasangan, , kekerasan dalam rumahtangga.

Perceraian merupakan jalan terakhir yang dalam menyelesaikan masalah rumah tangga bilamana tidak dapat disatukan lagi dalam perkawinan. apabila hendak melakukan gugatan perceraian berikut langkah – langkahnya :

  1. Menyiapkan Dokumen, meliputi
    • Buku Nikah bagi orang islam, sedangkan Akta Perkawinan bagi orang non islam’
    • Kartu Tanda Penduduk / Surat keterangan dari Kelurahan
    • Kartu Keluarga.
    • Akta Kelahiran Anak ( jika memiliki anak).
  2. Membuat surat gugatan dan mendaftarkannya ke Pengadilan.
    • Membuat surat gugatan yang harus mencantumkan alasan – alasan pengajuan perceraian serta tuntutan untuk dikabulkannya perceraian tersebut. Tahap selanjutnya yaitu mendaftarkan ke Pengadilan. Bagi orang Islam diajukan ke Pengadilan Agama sedangkan bagi orang non Islam diajukan di Pengadilan Negeri,
  3. Menyiapkan biaya peceraian
  4. Mengikuti proses pesidangan serta menyiapkan saksi

Proses percerian dapat berlangsung lama sehingga membutuhkan biaya,waktu,tenaga,pikiran apabila tidak mau ribet jika mengurus sendiri maka solusinya menunjuk kuasa hukum (Advokat/Pengacara) untuk mewakili dalam proses perceraian di Pengadilan sehingga proses perceraian dapat berjalan lancar karena dengan kuasa hukum (Advokat/Pengacara) dapat melindungi kepentingan klien apabila ada perlawanan dari pasangan secara tiba-tiba.

 

Mulai Obrolan
1
Kirim Pertanyaan
Halo
Apa yang bisa kami bantu
Powered by